Cara Untuk Menjadi Orang Optimis

2 comments
optimisHallo Sahabat Blogger. Saya akan memberikan kalian Cara Untuk Menjadi Orang Optimis. Sebelum saya memberikan caranya, saya akan memberikan ulasanya terlebih dahulu. Jadi orang itu harus optimis! Pernyataan itu kerap dilontarkan oleh sejumlah orang terlebih saat berhadapan dengan sebuah masalah atau kesulitan. Bukan semata-mata untuk membesarkan hati saja. Ada dampak Positif lain dibalik menjadi orang optimis tersebut. Yang paling nyata, optimis membuat fisik (juga mental) menjadi sehat. Sebenarnya orang optimis itu ada di sekeliling. Kalian pun sebenarnya tahu orang-orang tersebut, cuma, kadang-kadang tidak "kelihatan" saja.

Contoh paling mudahnya, di saat rekan kerja atau teman sedang asyik mengobrol dan kemudian tanganya menyenggol cangkir berisi minuman di bajunya, mereka tidak ambil pusing dengan hal tersebut. Atau, ketika teman kantor membuat kecerobohan sewaktu melakukan presentasi di rapat pagi, suasana hatinya tetap oke ketika kalian mengajaknya makan siang.

Ajaib? Tidak juga! Menurut Melissa Blakeman, MD, Direktur Medik Regional Johns Hopkins University, orang-orang tersebut hanya menggunakan perilaku yang membuat mental positif mereka.

Kalau tergolong orang yang mudah pesimis, ada baiknya mulai melakukan hal-hal berikut ini yang dipraktikan oleh orang-orang positif dalam menumbuhkan rasa Optimisnya.

Buat Ritual Menenangkan

Dalam hidup, ada kalanya menghadapi kejadian penuh tekanan. Nah, orang positif tahu cara mengatasi kecemasan yang dialami dengan cara sehat melalui olahraga maupun meditasi.
Studi telah menunjukkan bahwa olahraga maupun meditasi dikaitkan dengan suasana hati lebih bahagia. "Aktivitas seperti olahraga dan meditasi, membantu mempertahankan perilaku positif dan membuat kalian berfikir lebih jernih", terang Blakeman. Dan ketika kebiasaan positif itu menurun, Balkeman setidaknya merasakan bahwa dirinya lebih sulit melalui tekanan yang dialami hari itu.

Manfaatkan Sisi Positif Untuk Setiap Tantangan Yang Dihadapi

Riset yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menjumpai bahwa menanamkan pikiran positif dapat membantu mengatasi tantangan hidup dengan gembira. Yang akhirnya berpotensi membawa kalian menjadi lebih sejahtera.

Masalah Akan Berlalu

Tidak ada seorang pun yang bisa kebal terhadap kerasnya kehidupan. Bahkan pada orang optimis sekalipun. Kuncinya ada pada pikiran tetap positif dengan tetap berpijak pada kenyataan yang ada.

"Ada banyak tantangan yang dialami. Orang positif mendekatinya dengan mentalitas 'ini juga akan berlalu'. Ini menjadi gambaran bahwa mereka pernah melalui tantangan sebelumnya dan berhasil melaluinya", lanjut Blakeman.

Jangan Membully Diri Sendiri.

Orang positif belajar untuk menerima dirinya, apa adanya. Penerimaan diri ini menjadi penting agar kalian menjadi lebih bahagia.

Salah satu cara untuk menamkan lebih banyak perasaan kasih terhadap diri sendiri adalah melalui meditasi penuh kasih dan cinta. Olahraga juga dapat membuat perasaan kasih meluas. Riset yang di publikasikan dalam jurnal Psychology Science menjumpai mereka yang secara rutin mempraktikkan aktivitas tersebut merasakan emosinya menjadi lebih positif.

Kelilingi Diri Dengan Lingkungan Yang Baik

Ya, lingkungan (teman) bisa memberi pengaruh dalam hidup kalian. Studi menunjukkan emosi seperti stres maupun kebahagiaan itu menular. Artinya semakin banyak kalian berada disekitarnya, akan cenderung merefleksikan perilaku tersebut.
Pada orang positif, mereka membentuk lingkaran sosial yang kuat yang akan menguatkan sifat optimis mereka. Ini berarti, kalau ingin menjadi lebih optimis bertemanlah dengan orang-orang yang selalu menebarkan rasa optimis tersebut.

Selalu Bersyukur dan Berterima Kasih

Penelitian menunjukkan bahwa rasa terima kasih bisa meningkatkan optimis. Berterima kasih maupun bersyukur tidak selalu pada hal-hal besar. Tetapi juga pada hal-hal kecil. dan ini yang kerap terlupakan.

Mudahnya, ketika kereta datang terlambat, tidak sedikit orang yang mengeluh. Tetapi disaat kalian baru saja melewati pintu masuk stasiun bersamaan dengan datangnya kereta sehingga bisa masuk kedalamnya, tidak sedikit yang lupa untuk bersyukur. Setidaknya, rasa syukur yang di panjatkan adalah karena kalian tidak perlu terlalu lama menunggu kereta berikutnya.

Rasa syukur inilah yang kemudian akan memberikan kesempatan lebih banyak bagi diri kalian untuk menjadi lebih positif dalam kehidupan.

Tetap Berpijak Pada Kenyataan

Positif atau Optimis terhadap sesuatu itu boleh. Namun kalian juga harus tetap berpijak pada realita yang ada. Kalian tetap perlu mengenali rintangan yang berada di depan mata dan mencari cara untuk menyelesaikan masalahnya.

Selalu Ada Rencana

Sophia Chou, periset bidak psikologi mengatakan, mereka yang menghadapi masalah atau tantangan, tidak mengatakan "saya tidak memiliki pilihan dan ini satu-satunya cara yang bisa dilakukan". Tetapi mereka akan lebih kreatif dengan memiliki rencana A, B dan C.
Satu hal yang diingatkan oleh Blakeman, "Pikiran positif ditanamkan dengan sangat baik saat pikiran rileks. Jadi istirahat sejenak ketika kalian 'tidak dapat bergerak' yang akan mengaburkan pikiran kalian".

Kalian sudah tahu bukan Cara Untuk Menjadi Orang Optimis. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa Share ke teman kalian juga OKE!!! Terima Kasih.

2 comments:

  1. Penulisan rileks yg benar adalaj relax aji :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada yang salah kayaknya ya hanny? oke makasih ya untuk koreksinya :D

      Delete

Kritik dan Saran serta Komentar kalian sangat berpengaruh untuk blog ini. Terima Kasih.

Back to top