Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif

1 comment
Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif

Hallo Sahabat Blogger. Kali ini saya akan memberikan informasi ke pada kalian mengenai "Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif". Sebelum saya menjelaskan mengenai informasi tersebut, mari kita lihat ulasannya.

Sistem operasi Android sejak pertama kali diluncurkan oleh google semakin banyak peminatnya saja. Kemudahan dalam penggunaan (User Friendly) serta performa yang mantap dari sistem operasi ini menjadikan mayoritas pengguna berpindah ke Android. Sistem ini sudah digunakan sebagai platform dari vendor-vendor produsen gadget terbesar didunia seperti Samsung, HTC, Sony dan lain-lain. Keistimewaan dari sistem operasi ini adalah kita dapat mendownload aplikasi-aplikasi yang berguna dalam kehidupan kita sehari-hari baik secara gratis ataupu berbayar.

Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan ada yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone seperti Clean Master dan lain-lain. Kemudian pada aplikasi-aplikasi tersebut langsung terhubung diinternet setiap saat sehingga akan selalu update dan memudahkan dalam penggunaannya. Nah untuk menopang aplikasi tersebut tentunya membutuhkan baterai.  Nah disini saya akan memberikan caranya supaya baterai kalian tidak cepat habis.

Sebelum saya memberikan kalian caranya, yang patut kita bahas terlebih dahulu adalah
apa sih yang membuat baterai di android cepat habis? nah salah satu contohnya adalah ketika aplikasi di android selalu terhubung dengan jaringan internet untuk sekedar update atau menerima notifikasi ketika kalian menggunakannya. Tentunya dampak dari selalu terkoneksinya aplikasi tersebut menjadikan baterai di android cepat habis meskipun kita jarang memakainya. Apakah permasalah tersebut sering kalian alami? nah kali ini saya akan memberikan kalian informasi mengenai "Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif".

Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif


1. Merubah Koneksi

Yang harus kalian perhatikan adalah masalah koneksi! tidak stabilnya pancaran sinyal data 3G dari Android akan menjadikan smartphone kita harus terus mencari pancaran sinyal yang terbaik dimana pun kalian mengaktifkannya. Oleh karena itu untuk menghemat penggunaan baterai sebaiknya ketika sedang berada pada lokasi HOTSPOT disarankan untuk mematikan akses data seluler terlebih dahulu dengan menyambungkan Android kita dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia.

merubah koneksi ke wifi

Sekarang ini tempat-tempat yang menyedikan akses Wi-Fi menjamur dimana-mana mulai dari rumah, kantor, kampus, ataupun pusat perbelanjaan, maka segeralah alihkan koneksi menuju Wi-Fi yang dimanamemiliki kecepatan yang lebih tinggi dan stabil sehingga smartphone hanya akan menghabiskan waktu yang lebih singkat untuk load data ketika kita sedang browsing atau menggunakan aplikasi-aplikasi yang selalu terkoneksi internet.

2. Switch Off Wi-Fi & Bluetooth

Hal ini sebetulnya sangatlah simpel namun sering terlupakan oleh para pengguna Android. Saat sedang dalam kondisi yang tidak diperlukan maka matikan saja koneksi Wi-Fi kita karena apabila Wi-Fi dalam kondisi hidup maka Android akan selalu aktif dalam mencari jaringan Wi-Fi yang akan mengakibatkan terkurasnya baterai dengan drastis. Demikian juga hal ini berlaku untuk penggunakan Bluetooth yaitu fasilitas pertukaran data antar perangkat ini disarankan untuk dimatikan apabila kita tidak sedang menggunakannya.

Turn Bluetooth and GPS

3. Turn Off GPS

Fasilitas GPS pada Android sangat berguna untuk navigasi arah ketika kita berada dalam perjalanan jauh. GPS dapat menunjukkan arah yang benar dan tepat sehingga dapat menjadi Alternatif penunjuk arah yang baik. Tetapi minusnya dalam penggunaan GPS ini adalah GPS menghabiskan konsumsi daya hidup baterai kita. Oleh kerena itu untuk menghematnya, kita ketika tidak sedang berada diperjalanan maka fitur GPS lebih baik dimatikan saja.

4. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Fasilitas layar pada Android mempengaruhi efektifitas dalam penggunaan baterai. Layar dengan tingkat kecerahan tinggi memiliki andil yang besar dalam penggunaan daya kerena menghasilkan layar yang sangat terang. Untuk itu ketika kita membutuhkan baterai dengan daya tahan lama, kita dapat mengubah tingkat kecerahan layar menjadi tidak terlalu terang. 

5. Menginstal Aplikasi Penghemat Baterai

Selain cara menghemat baterai android dengan mengatur beberapa fitur dalam smartphone, kita dapat menambahkan aplikasi-aplikasi dari Playstore untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada android. Salah satunya yang dapat kita gunakan adalah DU Battery Saver. Aplikasi ini adalah aplikasi  yang populer di Playstore karena fiturnya yang lebih lengkap dari aplikasi-aplikasi buatan kompetitor dalam menghemat baterai kita. 

DU Battery Saver

Nah itulah beberapa tips "Cara Menghemat Baterai Android dengan Efektif" yang dapat kita coba. Sebenarnya masih banyak lagi caranya, tetapi menurut saya kelima cara diatas adalah tips yang paling mudah dan simpel untuk mengoptimalkan penggunaan baterai kita. Mungkin sampai disini dulu untuk pembahasan mengenai artikel ini, semoga infromasi diatas dapat berguna buat kalian. Jangan lupa like, coment dan share artikel ini, Terima Kasih.

1 comment:

  1. Bagus banget sangat inspirasi dan enovatif kunjungi blog saya http://sutristianlink.blogspot.com/

    ReplyDelete

Kritik dan Saran serta Komentar kalian sangat berpengaruh untuk blog ini. Terima Kasih.

Back to top