Cara untuk Tidur Cepat dan Nyenyak

Leave a Comment
Tidur Cepat dan Nyenyak
Hallo Sahabat Blogger. Kali ini saya akan memberikan kalian Cara Untuk Tidur Cepat dan Nyenyak. Sebelum kita bahas tentang caranya berikut ini ada ulasanya buat kalian. Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, mungkin termasuk kalian juga yang sedang membaca artikel ini. Hanya membolak-balikan tubuh selama berjam-jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat kalian merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya.

Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan kalian bisa tertidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut ini Cara Untuk Tidur Cepat dan Nyenyak :

1. Menjaga Suhu Ruangan Yang Tepat

Tempat tidur yang sejuk dan gelap akan membantu kalian tertidur lebih cepat dan tidur lebih baik. Memakai selimut adalah salah satu cara untuk mempertahankan kehangatan badan. Jika kalian menderita hot flashes atau berkeringat di malam hari, ada hal-hal yang bisa kalian lakukan agar tubuh merasa dingin. Kasur cooling pad bisa menjaga suhu tubuh turun dan menarik keringat dari kulit.

2. Mematikan Semua Lampu dan Peralatan Elektronik

Mematikan Lampu Ketika Tidur
Ruang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia melapskan hormon yang menginduksi rasa kantuk. Jika kamar terlalu terang dan menatap layar televisi bisa menunda pelepasan hormon ini, dan mencegah kalian bisa tertidur. Untuk mengatasi hal ini, menjaga kamar tidur kalian gelap seperti itu mungkin dapat kalian lakukan dan mematikan semua elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Hindari menempatkan jam yang bersuara serta mudah terlihat, karena hal ini akan menambah kecemasan jika kalian sedang sulit tidur dan menatap jam yang sudah dini hari.

3. Menggunakan Bantal dan Kasur yang Nyaman

Tempat tidur yang terasa tidak nyaman bisa membuat kalian kesulitan untuk tertidur. Fikirkan untuk mengganti bantal, kasur bahkan sprei kalian dengan yang baru, yang lebih terasa lembut dan nyaman. Cucilah sprei kalian dan menjemur bantal atau kasur secara rutin, karena ini akan menjaga rasa kenyamanan kalian ketika berbaring.

4. Menggunakan Aroma Minyak Esensial

Sesuatu seperti bau minyak esensial bisa membantu tubuh dan fikiran kalian rileks. Menurut beberapa penelitian, lavender adalah minyak esensial nomor satu untuk mendorong tidur nyenyak. Taburkan beberapa tetes minyak lavender pada sehelai kain dan dibawah sarung bantal kalian. Kalian juga bisa mengencerkan beberapa tetes minyak kedalam air, dan tempatkan dalam diffuser di kamar tidur kalian. Minyak atsiri bergamot, marjoram, cendana dan geranium adalah minyak aromaterapi lain yang bisa kalian pilih.

5. Kamar Tidur Bebas Berisik

Kamar Tidur Bebas Berisik
Suara berisik sudah pasti sangat menggangu untuk kalian bisa tidur. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kamar tidur kalian tenang dan sedamai mungkin, dengan menutup pintu dan jendela atau meminta teman serumah untuk mengecilkan televisi.

6. Berendam Air Hangat

Berendam dalam air hangat sebelum tidur adalah salah satu metode yang sudah teruji bisa membuat tertidur lebih cepat. Yang pertama karena mandi membantu mengurangi stres dan membantu membersihkan pikiran. Yang kedua, mandi air panas akan meningkatkan suhu tubuh kalian, dan kemudian turun dengan cepat ketika selesai. Hal ini akan memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendinginkan ketika saatnya untuk tidur. Berendamlah selama 20 menit kedalam air hangat, bisa dengan menambahkan minyak seperti lavender dan chamomile.

7. Makan Cemilan dan Minuman Hangat 

Meskipun makan makanan yang berat sebelum tidur bukanlah hal yang baik, namun perut yang lapar di malam hari bisa mencegah tidur. Jadi cobalah untuk menghindari perut lapar ketika ketempat tidur. Makanan ringan sebelum tidur, seperti sepotong buah, atau yogurt rendah lemak adalah makanan yang sempurna. Kalian juga bisa meminum segelas susu hangat yang berisi hormon melatonin yang menginduksi tidur.

8. Memakai Piyama yang Nyaman

Nyaman ditempat tidur adalah penting agar bisa tidur dengan cepat, sehingga mengenakan piyama nyaman juga sangat penting. 

9. Melakukan Beberapa Peregangan

Melakukan peregangan sederhana sebelum tidur bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot dan membuat tubuh merasa rileks untuk tidur. Cobalah untuk berbaring terlentang ditempat tidur atau dilantai, dan membungkukan kaki kanan seolah-olah mencoba menyentuhkan lutut kedagu kalian. Tahan posisi ini selama 15 sampai 20 detik, kemudian ulangi dengan kaki yang lain.

10. Membaca dan Menulis atau Bermain Game Sebelum Tidur

Membaca
Membaca, menulis dan bermain game sederhana bisa membantu kalian untuk bersantai sebelum tidur, dengan cara melepaskan stres dan mengalihkan perhatian kalian dari fikiran-fikiran lain.

11. Berkhayal

Memikirkan sesuatu yang menenangkan atau menyenangkan dalam fikiran bisa menjadi cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian kalian. Pikirkan laut, pelangi, sebuah pulau, atau apapun yang bisa membuat kalian merasa bahagia dan damai.

12. Mendengarkan Musik atau Suara

Musik atau rekaman suara yang damai bisa sangat efektif untuk membiarkan pikiran kalian mengembara dan tertidur, lebih baik lagi itu adalah rekaman suara pacar kalian yang memberikan selamat tidur buat kalian jangan sampat ada rekaman dari suara mantan atau sesosok lain yang akan menggangu kalian tidur. heheheh...

13. Kurangi Asupan Kafein

Nah buat kalian yang sering ngopi, mulai sekarang lebih baik di kurangi sebab kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membuat kalian susah untuk tidur.

14. Suplemen Tidur

Ada beberapa jenis suplemen yang tersedia sebagai obat dan makanan yang dapat membantu kalian meningkatkan hormon yang mengatur tidur yaitu melotonin.

15. Olahraga Teratur

 Olahraga Teratur
Latihan atau Olahraga yang dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu bisa membantu untuk mudah tertidur, serta secara signifikan juga meningkatkan kualitas tidur kalian.

16. Pijat Urat

Otot-otot yang kaku akibat rutinitas fisik yang di lakukan setiap hari bisa membuat tubuh pegal-pegal dan akhirnya bisa membuat sulit tertidur. Cobalah untuk mengunjungi ahli terapi pijat untuk melemaskan otot-otot kalian, sehingga tubuh lebih rileks dan mudah tidur.

17. Mengatur Jadwal Tidur

Menyiapkan jadwal tidur yang terdefinisi dengan baik benar-benar bisa membantu untuk mengatur pola tidur kalian. Cobalah untuk bangun dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari, setidaknya pada hari-hari kerja.

18. Kunjungi Dokter

Jika beberapa Cara Untuk Tidur Cepat dan Nyenyak diatas masih tidak ada yang membantu kalian, serta kalian takut dengan kemungkinan menderita insomnia atau sleep apnea, mungkin saatnya bagi kalian untuk berkonsultasi kepada ahli kesehatan.

Nah, itu sedikit ulasan mengenai Cara Untuk Tidur Cepat dan Nyenyak. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa Komentar artikel ini dan Share ke teman kalian juga OKE!!! Terima Kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran serta Komentar kalian sangat berpengaruh untuk blog ini. Terima Kasih.

Back to top