Istilah-istilah dalam Dunia Kampus

Leave a Comment


Hallo Sahabat Blogger. Disini saya akan memberikan kalian informasi seputar kuliah nih. Berhubung saya juga baru mulai masuk ke dunia perkuliahan jadi saya memberikan informasi ini yaitu tentang "Istilah-Istilah dalam Dunia Kampus". Sudah siap masuk kuliah? Sebelum benar-benar siap, yuk di cek dulu apa saja sih yang harus kita tahu istilah-istilah yang belum diketahui di dunia perkuliahan!

 

1. PA

PA adalah dosen yang dipilih pihak kampus sebagai tempat kita berkonsultasi mengenai segala hal yang bersangkutan dengan perkuliahan, semisal masalah Mata Kuliah yang ingin diprogram dalam setiap semester (pengisian KRS), curhat mengenai perkuliahan sampai curhat mengenai Skripsi.

2. KTM

Setelah melakukan registrasi ketika melakukan pendaftaran ulang dan melakukan administrasi secara lengkap, kita akan diberikan Kartu Tanda Mahasiswa atau biasa disingkat menjadi KTM. KTM ini berfungsi sebagai tanda pengenal bahwa kita adalah mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

3. KRS

KRS adalah Kartu Rencana Studi. Kartu ini isinya adalah mata kuliah yang akan kita ambil di setiap semester. Biasanya, pengisian KRS harus disetujui terlebih dahulu oleh dosen wali karena harus sesuai dengan kemampuan mahasiswa tersebut.

4. SKS

SKS adalah singkatan dari Sistem Kredit Semester. SKS ini adalah jumlah dengan angka di setiap Mata Kuliah, hasil dari pembagian antara SKS dengan jumlah program mata kuliah inilah yang akan menghasilkan IPS.

5. KHS

KHS adalah singkatan dari Kartu Hasil Studi. KHS sama halnya buku laporan hasil studi setiap semesternya.

6. IPS

IPS adalah singkatan dari Indeks Prestasi Semester. Ini bisa kita lihat di KHS setiap selesai Ujian Semester.

7. IPK

Nah, ini nih yang selalu membuat mahasiswa dag dig dug di akhir semester. IPK adalah Indeks Prestasi Kumulatif. Dari semua nilai yang keluar pada setiap semester, akan selalu diakumulasikan. Nilai IPK mulai dari 1,00 - 4,00 (sempurna).

8. UTS/UAS

Di perguruan tinggi juga menggunakan sistem Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Tapi, di dunia kuliah, setiap dosen berhak menentukan bobot nilai atau menentukan ada tidaknya ujian. Ada yang menetapkan bobot setara antarkeduanya adapula yang menitikberatkan pada UAS.

9. SP

SP adalah Semester Pendek atau program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Semester pendek ini bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kuliah.

10. KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan untuk memberikan kontribusi ke daerah atau desa tertentu yang telah ditentukan oleh pihak universitas. Biasanya, mahasiswa diberikan waktu sebulan untuk tinggal di satu desa. Tapi, tidak semua universitas memberikan jadwal KKN.

11. UKM

Ini salah satu yang paling seru. UKM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa. Kalau di sekolah, sering disebut dengan ekskul atau ekstra kurikuler. Kegiatan ini sangat diminati oleh para mahasiswa karena UKM yang ditawarkan sangat beragam. Kita bisa memilih UKM sesuai dengan hobi yang kita sukai.

12. PKL

Kepanjangan dari istilah ini adalah Praktik Kerja Lapangan. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman di dunia kerja. Tapi, tidak semua fakultas atau jurusan mewajibkan kegiatan PKL.

Nah kalian sudah paham bukan tentang istilah-istilah diatas? sampai disini dulu informasi mengenai "Istilah-Istilah dalam Dunia Kampus". Jangan lupa like, comment and share artikel ini. Terima Kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran serta Komentar kalian sangat berpengaruh untuk blog ini. Terima Kasih.

Back to top