Cara Mencegah dan Mengatasi Mimpi Buruk

Leave a Comment
Cara Mencegah dan Mengatasi Mimpi Buruk

Hallo Sahabat Blogger. Kali ini saya akan memberikan kalian informasi mengenai "Cara Mencegah dan Mengatasi Mimpi Buruk". Seperti biasa, sebelum saya memberikan informasinya, mari kita lihat ulasannya terlebih dahulu.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan biologis manusia. Tidur seharusnya menjadi salah satu situasi transisi dari keterjagaan (alam sadar) menuju alam ketidak sadaran, yang nyaman, segar saat kita kembali sadar atau terbangun dari tidur. Apalagi saat kita tidur dibubuhi dengan mimpi-mimpi indah sebagai bunga tidur, tentunya saat kita terbangun akan terasa lebih segar. Tetapi bagaimana hal tersebut ternyata sebaliknya? Waktu istirahat (tidur) kita justru dihinggapi dengan mimpi buruk. Ketika kita terbangun karena mimpi buruk tersebut, kita akan merasakan dampaknya terhadap tubuh kita, seperti jantung berdetak cepat dan bahkan mungkin sampai keringat dingin. 

Sebagai manusia normal dengan segudang pengalaman dan cerita, tentu kita pernah mengalami mimpi buruk. Lantas, ketika memperoleh mimpi buruk, "Bagaimana kita menyikapi dan mengatasi mimpi buruk tersebut?"

Mimpi buruk adalah mimpi yang memvisualisasikan suatu peristiwa atau gambaran yang tidak menyenangkan, manakutkan, kekacauan yang dapat memberikan efek pada fisik, psikis, dan spiritual orang yang mengalami mimpi tersebut. Lalu, kenapa kita bisa mimpi buruk? dari manakah datangnnya?

Pertama, mimpi buruk berasal dari jin. Jin dengan sengaja menghadirkan gambaran-gambaran yang menakutkan. Bahkan sampai hati, jin-jin itu membuat mimpi yang hampir benar-benar menyerupai kejadian sesungguhnya. Sehingga membuat orang yang memimpikan menjadi cemas, takut bahkan bisa sampai pada keputus asaan.

Mimpi Buruk

Kedua, mimpi buruk bisa muncul ketika kondisi fisik kita memang sedang tidak sehat. Terakhir, mimpi buruk bisa dikarenakan kondisi psikologis kita yang sedang terganggu, misalnya saja kita sedang stress dengan segudang permasalahan. 

Penyebab timbulnya mimpi buruk sampai benar-benar mimpi buruk tersebut muncul bisa kita cegah dan atasi dengan beberapa cara, sebagai berikut : 

1. Berdoa Sebelum Tidur

Sebagai umat beragama tentu ada yang kita yakini sebagai kekuatan terbesar yang dapat kita gantungkan untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari godaan jin yang dapat mengganggu kapan saja. Berdoa merupakan ritual umum yang sudah biasa orang lakukan.

2. Membaca Beberapa Surat di Al-Qur'an

Selain membaca doa, Rasulullah pernah menganjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas, Al-'Alaq dan An-Nas kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat kursi, yang diyakini dapat menjaga kita dari gangguan-gangguan jahat atau negatif dari "luar" selama kita sedang terlelap.

Membaca Al-Qur'an Sebelum Tidur
Membaca Al-Qur'an Sebelum Tidur

3. Menjaga Kebersihan Sebelum Tidur

Kebersihan diri dan kebersihan tempat tidur juga perlu diperhatian. Kebersihan diri seperti menggosok gigi, mencuci muka, kaki, lebih bagus lagi jika ditambah berwudhu sebelum tidur. Itu membuat diri kita terasa fresh, otak jadi rileks. Kemudian membersihkan tempat tidur, seperti yang dicontohkan Rasul, Sebelum tidur Rasul membersihkan tempat tidur. Kebersihan itu kaitannya dengan kenyamanan, jika kita tidak memperhatikan kebersihan, akan ada kemungkinan timbulnya mimpi buruk karena kondisi fisik kita tidak nyaman.

4. Menonton Acara TV yang Seru atau Lucu, Membaca Buku dan Mendengarkan Musik Sebelum Tidur

Beberapa kegiatan tersebut guna membantu ketenangan dan kesejahteraan psikis kita dari berbagai aktivitas selama seharian. Sebagai penutup dengan aktivitas hiburan sebelum tidur. Dengan begitu, saat kita ingin tidur, kita tidak dibebani dengan pikiran-pikiran yang mengganjal. Sama seperti yang telah dijelaskan, bahwa salah satu penyebab munculnya mimpi buruk adalah kondisi psikis.

5. Istigfar

Jika kita terbangun karena mimpi buruk, hendaklah meminta penenangan dari Allah SWT. Salah satu kelebihan dari beristigfar adalah diberikan pelepasan oleh Allah SWT dari pada segala masalah.

6. Tidak Menceritakan Kepada Orang Lain Setelah Mimpi Buruk

Orang yang mimpi buruk dianjurkan untuk tidak menceritakan mimpi buruk tersebut pada orang lain, agar jin tidak merasa senang, puas karena kita yang larut dalam mimpi tersebut yang diciptakannya. Selain itu juga agar memutuskan hubungan orang yang memimpikan dengan mimpi buruk tersebut. Dengan begitu, cerita mimpi buruk tersebut tidak berkelanjutan dan kita tidak terus-terusan memikirkannya.

Mimpi tidak selalu buruk dan juga tidak selalu baik. Sebagai manusia yang berakal, kita bisa membuka lagi pikiran kita untuk memandang mimpi dari sudut lain, misalnya saja mimpi orang tua dirumah sedang sakit keras (mimpi anak perantauan). Nah, mimpi tersebut bisa kita maknai sebagai peringatan untuk tetap ingat dengan orang tua meskipun terpisah oleh jarak dan waktu, ingat dirumah orangtua menanti harapan dari kalian yang merantau untuk menuntut ilmu, kita perlu menjaga diri untuk kebahagiaan mereka dan masih banyak lagi makna-makna positif lainnya yang tidak lantas serta merta kita cemas tanpa ada koreksi diri. Karena bisa jadi mimpi muncul karena perilaku kita sendiri.

Nah, nampaknya kalian pembaca artikel ini sudah cukup jelas bukan mengenai "Cara Mencegah dan Mengatasi Mimpi Buruk". Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa like, coment dan share artikel ini. Terima Kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Saran serta Komentar kalian sangat berpengaruh untuk blog ini. Terima Kasih.

Back to top